Sabtu, 30 Juli 2011

Resep Masakan - Opor ayam dan telur

[Resep Masakan dan resep minuman]

Bahan:
  • 500 gr ayam kampung, potong-potong
  • 6 butir telur rebus kupas
  • 800 ml santan encer
  • 300 ml santan kental
  • Garam & gula pasir secukupnya
  • 2 sdm air asam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk
  • 5 butir cengkeh
  • 5 cm kayu manis
  • 2 lembar daun salam
Bumbu halus:
  • 7 butir bawang merah, tumis
  • 4 siung bawang putih, tumis
  • 2 sdt ketumbar sangrai
  • ½ sdt jintan
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt pala bubuk
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 2 ruas jari jahe
Cara membuat :
  • Didihkan santan encer, masukin ayam, herbs dan air asam.
  • Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukin ke rebusan ayam bersama telur rebus.
  • Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk biar gak pecah. Tambahin garam dan gula.
  • Setelah ayam empuk dan kuah berkurang, masukin santan kental. Didihkan lagi 10 menit sambil terus diaduk.
  • Angkat dan sajikan dengan nasi ato ketupat, plus taburan bawang goreng.
Tips: Kalo pake ayam ras, habis dipotong-potong lumuri air jeruk dan diamkan selama 30 menit, bilas dan kukus dulu 15 menit. Kaldunya dibuang aja karena ayam ras kalau dibikin opor agak anyir & makin lama kuahnya makin kental kayak agar-agar


[Resep Masakan dan resep minuman]

6 Responses to “Resep Masakan - Opor ayam dan telur”

suretno mengatakan...
3 Agustus 2011 04.10

Wah bisa dipraktekan nih ... Kebetulan keluarga sedang demam Acara MasterChef di RCTI


tomi mengatakan...
5 Agustus 2011 18.53

heheh.. saya kurang suka masak.. tp kalau mencicipi siapp hehehe
apalagi mau lebaran nih jadi opor ayam pasti jadi favorit


Belajar Photoshop mengatakan...
6 Agustus 2011 23.45

jadi ngiler nii siang siang gini :(


Ali Ashari mengatakan...
25 September 2011 02.26

Senang bisa belajar dari web anda tentang opor ayam dan telur terimakasih banyak


Diana Sesarin mengatakan...
9 Oktober 2011 06.51

boleh dicoba nih resepnya,saya suka banget opor.


jessycaputri mengatakan...
4 Maret 2012 06.42

terima kasih info resepnya


Poskan Komentar